KABARPEMUDA.id–Konsistensi perusahaan logistik nasional JNE dalam mendukung UKM di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Seperti halnya yang dilakukan baru-baru ini, dimana telah diselenggarakan edukasi mengenai strategi penjualan di era digital untuk meningkatkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) pada Selasa 16 Mei 2023.
Kegiatan ini setidaknya dilakukan sejak tahun 2017. Kini, JNE Ngajak Online kembali menghadirkan forum bincang bersama pebisnis muda di 10 Kota besar di Indonesia dengan tema Goll..Aborasi Creativolution untuk para UKM Indonesia. Bandung menjadi kota kedua JNE Ngajak Online 2023 dilaksanakan yang dimeriahkan oleh pembicara dari kalangan bisnis model yang berbeda-beda.
Penampilan spesial UNITED STATES OF BANDUNG PERCUSSION (USBP) membuka acara JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Kota Bandung dengan menciptakan interaksi kepada para peserta yang hadir di De’Medelline Café Bandung, Jawa Barat, pada Selasa, 16 Mei 2023.
Head of Regional Jawa Barat, Murah Lestari, membuka acara yang dilaksanakan secara hybrid ini secara antusias,
“Kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk melakukan semangat kolaborasi bersama di era digital saat ini, ungkapnya.
Dikatakan Lestari bahwa JNE kembali mempersembahkan program unggulan yaitu JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi dengan tema Creativolution.
Menurutnya, program ini ditujukan dengan maksud memberikan edukasi mengenai strategi inovasi dan kolaboratif di era digital dengan sasaran para UKM untuk meningkatkan daya saing UKM agar bisa naik kelas.
“JNE Ngajak Online ini, merupakan bentuk nyata untuk memberikan dukungan terhadap pemulihan perekonomian secara nasional. Dengan harapan semoga acara ini bisa menjadi bekal dan inspirasi teman-teman UKM,” terang Lestari dalam pembukaan.
JNE Ngajak Online
Merek perlengkapan luar ruang ternama asal Indonesia turut hadir dalam JNE Ngajak Online 2023 Kota Bandung, Nabila Puterina Wahyu selaku Digital Business Development Lead of EIGER, menyampaikan bahwa 34 tahun berdiri, tak kalah beda dengan JNE yang ke-33 tahun berinovasi dan menjaga suatu bisnis.
“EIGER selalu mempertahankan brand identity dengan komitmen pada brand kami,” ungkap Nabila.
Secara kreatif, Nabila melanjutkan, EIGER mempertahankan brand identity dan creativolution sejak awal yang sudah terjun dalam kanal media sosial sebagai strategi digital marketing yang dilakukan EIGER, seperti rekor 32 Jam Live Streaming, Shop Entertainment (gabungan live music, talkshow, dan online shop). Decky Sastra, Entrepreneur & Content Creator, dan berhasil membawa brand lokal miliknya untuk tembus ke pasar Internasional.
Begitu juga dengan pemilik jaket ternama yaitu Rawtype Riot, brand dengan konsep genuine art & co, mengungkapkan kisah pemasaran produk andalannya yang telah melewati banyak rintangan sejak 2017.
Namun kreatifitasnya terus diasah, seperti strategi memasarkan produk jaket yang telah digunakan oleh Presiden Indonesia, Jokowi.
“Untuk memberikan kesan dari produk kami, ada cerita dibalik pembuatan produk yang kami jadikan acuan unique selling point Rawtype Riot. “Bagaimana kami bisa menerjemahkan sebuah produk kepada klien, seperti cerita grafis dan materi keseluruhan produk yang dikemas bagi segmen pasar kami. Itulah yang kami terapkan secara konsisten dari produk-produk kami yang limited edition,” pungkas Decky.
Ungkapan motivasi juga disampaikan Adi Pranata sebagai Creativepreneur & Founder SNEAKON. Dirinya seolah turut juga membagikan pengalaman berbisnis yang dijajak dari nol bersama sang istri.
“Ada proses yang kami terapkan sejak 2016 mencoba berbisnis. Diskusi atau brainstorming jadi tahap paling terpenting kami menjajaki bisnis. Namun mengikuti tren menjadi pusat kami untuk melakukan perkembangan dari setiap strategi ataupun taktik yang kami terapkan pada brand kami. Salah satunya juga dengan melakukan riset,” ujar Adi.
Dengan Mengusung tema Dinamika Pemasaran untuk Millineal dan Gen Z untuk mengembangkan Produk Unggulan, Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE dan Luthfi Safitri Zein, Head of Roket Indonesia, menyampaikan dukungan JNE sebagai perusahaan logistik nasional dalam mendukung UKM Indonesia, agar dapat meningkatkan daya saing di saat ini.
“Disrupsi digital sangat mempengaruhi brand, JNE siap membantu pelayanan dengan memberikan peluang-peluang UKM untuk menciptakan sebuah produk yang nantinya bisa besar,” kata Kurnia.
Ia menambahkan bahwa, sama halnya dengan menerapkan perdagangan Online-to-Offline (O2O) yang merupakan strategi bisnis yang menarik potensial pelanggan potensial.” pungkas Kurnia.
Sebagai Head of Media Relations yang paham target pasar, Kurnia menegaskan, “Suatu brand atau produk harus mempunyai value atau pembeda saat membuat brand tersebut. Sekarang tugas JNE yang akan membantu pendistribusian produk unik para UKM.”
JNE sebagai ekspedisi ternama bersama Roket Indonesia menjanjikan bentuk kolaborasi kreatif dengan pedagang secara komitmen dan konsisten. Sebagai informasi, Bandung merupakan kota kedua dari pagelaran JNE Ngajak Online 2023 yang diadakan secara hybrid – Goll…Aborasi Creativolution. Nantikan kegiatan dan program JNE lainnya melalui Instagram JNE Express @JNE_ID.***